Kamis, 27 Oktober 2016

RINGKASAN MATERI KELAS XI



A.      BIOSFER 
1.       Pengertian biosfer
Biosfer berasal dari dua kata, yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi biosfer adalah lapisan tempat hidup (habitat) mahluk hidup. Biosfer meliputi lapisan litosfet, hidrosfer dan atmosfer.
2.       Jenjang kehidupan mahluk hidup
Jenjang kehidupan mahluk hidup meliputi:
a.       Individu; merupakan organisme tunggal yang termasuk dalam spesies tertentu.
b.      Populasi; merupakan kolompok individu sejenis yang hidup dan berkembang biak pada suatu daerah tertentu.
c.       Komunitas; merupakan semua populasi dari berbagai jenis yang menempati suatu daerah tertentu.
d.      Ekosistem; merupakan hubungan timbal balik yang kompleks antara organism dan lingkungannya baik yang hidup maupun tidak hidup (tanah, air, udara) yang secara bersama-sama membentuk suatu sistem ekologi.
e.      Bioma; merupakan beberapa ekosistem yang terdapat suatu wilayah geografis dengan iklim dan kondisi yang sama.
3.       Faktor yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna
a.       Iklim; kondisi alam yang dipengaruhi oleh curah hujan, suhu, angin dan kelembapan udara, sehingga hanya flora atau fauna tertentu yang bisa bertahan hidup di daerah tersebut.
b.      Fisiografi muka bumi; kodisi fisik muka bumi baik tinggi rendahnya permukaan maupun luasnya bentang alam, sehingga hanya flora atau fauna tertentu yang bisa tinggal di daerah tersebut.
c.       Adaptasi; yaitu penyesuaian diri mahluk hidup terhadap lingkungannya.
Macam-macam adaptasi mahluk hidup sebagai berikut.
1)      Adaptasi morfologi; adalah penyesuaian beentuk tubuh dari mahluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Misalnya tumbuhan gurun yang memiliki akar kuat dan panjang yang berfungsi menyerap air yang letaknya jauh didalam tanah.
2)      Adaptasi fisiologi; adalah penyesuaian fungsi tubuh dari mahluk hidup untuk mempertahankan hidupnya. Misalnya cumi-cumi yang mempunyai kantong tinta untuk melindungi dirinya dari musuh.
3)      Adaptasi tingkah laku; adalah penyesuaian tingkah laku dari mahluk hidup untuk mempertahankan hidupnya. Misalnya hewan yang berpura-pura mati atau tidur bila didekati musuhnya.
d.      Seleksi alam; secara alami alam akan menyeleksi setiap mahluk hidup yang hidup didalamnya. Misalnya capung yang berwarna merah menjadi langka karena menjadi sasaran empuk bagi pemangsa.
e.      Makanan; ketersediaan makanan pada suatu daerah akan menjamin kelangsungan dan perkembangan mahluk hidup tertentu.
f.        Persekutuan hidup; beberapa jenis tumbuhan dan hewan membentuk suatu hubungan persekutuan yang tidak dapat dipisahkan. Misalnya cendawan yang tumbuh di dalam maupun diluar akar pohon membantu penyerapan unsur hara oleh tanaman. Jika dipindahkan ke daerah lain yang tidak terdapat cendawan tersebut, pohon itu tidak dapat tumbuh dengan baik.
g.       Manusia; dengan kemajuan teknologi manusia dapat membantu persebaran flora dan fauna .

Selengkapnya bisa anda Download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar